Nasional

DPRD DKI Jakarta Kaget ! Anggaran Banjir Surabaya Rp. 460 M Sementara Jakarta Sampai Triliunan

Palembangsiap.com – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani mengaku kaget saat tahu kalau anggaran penanggulangan banjir di Kota Surabaya hanya sebesar Rp 460 Miliar.

Zita mengetahui hal tersebut saat melakukan kunjungan kerja anggota Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta ke Surabaya.

Dalam acara yang diselenggarakan pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan mengenai penanganan banjir di kotanya.

Menurut Zita, nilai itu tak sebanding dengan kekuatan anggaran yang dimiliki DKI Jakarta. Ia mengaku anggaran DKI Jakarta dalam penanganan banjir mencapai triliunan rupiah.

Ia menilai dengan anggaran tersebut, upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya sudah terbilang efektif.

“Kalau di Jakarta sampai triliunan,” ujar Zita, dikutip dari Tribunjatim, Kamis.

Secara geografis, lanjut Zita, kondisi Jakarta sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Surabaya. Kondisi yang dimaksud yaitu sama-sama masuk dalam daerah rendah dan dekat dengan laut. Hal itu yang membuat program di Surabaya bisa menjadi contoh.

Adapun Risma dalam dalam pertemuan itu menjelaskan sejumlah cara yang dilakukan untuk menanggulangi banjir di Kota Pahlawan. Di antaranya memastikan saluran terkoneksi dengan baik, serta memastikan resapan.

Risma memang tak memungkiri dulu persoalan banjir di Surabaya memang menjadi masalah serius. Hal itu yang membuat Pemkot Surabaya melakukan berbagai hal.

Dikutip Kompas.com dari Harian Kompas, 3 Januari 2020, secara keseluruhan, alokasi APBD untuk penanggulangan banjir di DKI Jakarta berkisar 1,1 persen dari total APBD DKI Jakarta tahun 2020 sebesar Rp 87,9 triliun di era Gubernur Anies Baswedan.

Sebelumnya, sejumlah anggota Pansus Banjir dari DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Surabaya, Kamis (22/10/2020). Legislatif Ibu Kota bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk belajar terkait penanggulangan banjir. (Yal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *